Bila Harapan Tidak Sesuai dengan Kenyataan

Kekecewaan sering melanda saat harapan tidak sesuai dengan kenyataan. Di saat harta yang kita kumpulkan hilang begitu saja. Begitu susahnya kita mendapatkannya, namun betapa mudahnya ia hilang dalam genggaman.

Muhammad bin Nu'aim suatu saat mengunjungi Bisyr Al Hafi yang sedang sakit. Kepada ulama besar Baghdad yang dikenal dengan zuhud dan wara’nya itu, Muhammad bin Nu’aim meminta nasihat, ”Berilah saya nasihat!”

Bisyr Al Hafi pun menyampaikan, "Di rumah ini ada semut, yang mengumpulkan biji-bijian di musim panas dan memakannya di musim dingin. Suatu saat aku mengambil biji dari mulutnya, lalu tiba-tiba datanglah seekor burung pipit dan memakan biji itu."

Bisyr Al Hafi pun menarik kesimpulan dari peristiwa itu,"Maka, tidak semua yang engkau kumpulkan engkau memakannya. Tidak semua harapan yang engkau cita-citakan akan engkau peroleh." (Thabaqat Al Auliya, hal. 116)

Belajar dari seekor semut, mudah-mudahan engkau memperoleh gambaran tentang hakikat kehidupan. Bersiap diri bila pada suatu hari engkau mengalaminya sendiri. Bahwa harta yang ada padamu mungkin takdirnya bukan untukmu, sebagian atau seluruhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar